Beranda Regional Priangan Timur Istri Wabup Garut Resmi Buka Festival Senam Kreasi Tingkat Kecamatan Garut Kota

Istri Wabup Garut Resmi Buka Festival Senam Kreasi Tingkat Kecamatan Garut Kota

285
0

Garut, Mediasakti.id,– Dalam rangka jelang Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Dinas kesehatan Kabupaten Garut melalui tiga (3) puskesmas dilingkungan kecamatan Garut kota menggelar “festival Kreasi” senam Gerakan Masyarakat (Germas) pola hidup sehat,bertempat di salahsatu gedung jalan Sudirman Garut dengan tema “Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku”.

Senam Germas “festival Kreasi”berlangsung di gedung tersebut dibuka resmi oleh Istri Wakil Bupati Garut dr.H Hani yang diikuti tiga (3)kelompok ibu – ibu kader sebagai peserta yang berasal dari tiga Kelurahan yaitu,Kelurahan Ciwalen,Regol,dan Kota Kulon kecamatan Garut Kota Kabupaten Garut.Kamis (04/11/2021).

Istri Wabup Garut dr. Hj.Hani Firdiani Helmi Budiman yang juga sebagai Wakil Ketua TP -PKK Kabupaten Garut mengungkapkan,Ini kan merupakan kegiatan rangkaian dari lomba senam tingkat kabupaten Garut dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN)”.ungkap Hani usai membuka acara tersebut.

Lebih lanjut Hani menjelaskan,jadi festival untuk ditingkat kabupaten yang disaring dulu di Puskesmas tingkat kecamatan Garut kota,sekarang tingkat kecamatan dulu,dan nanti satu juaranya akan mewakili Kecamatan Garut kota untuk tingkat kabupaten”jelasnya.

Hani berharap,siapapun yang jadi juara sebetulnya tidak ada masalah yah yang jelas bahwa, seluruh masyarakat Garut membiasakan hidup sehat yang salahsatunya dengan aktivitas fisik secara rutin,melakukan senam rutin, olahraga rutin setiap hari minimal 5 kali dalam seminggu,hal itu juga harus bisa memasarkan,mensosialisasikan lagi kepada masyarakat secara umum.

“ini merupakan kebiasaan hidup sehat yang harus dilakukan bukan hanya oleh sekelompok orang tapi juga oleh seluruh masyarakat Kabupaten Garut itu bisa”ujarnya.

Sementara itu Ketua panitia penyelenggara yang juga sebagai Promotor Kesehatan,H Ugas Saefulhayaty,SKM,MM.turut menjelaskan,maksud dan tujuan kegiatan ini sesuai dengan agenda Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. Terutama di mana Yang sebentar lagi akan melaksanakan kegiatan Hari Kesehatan Nasional (HKN)pada tanggal 12 November yang ke 57”, jelasnya.

Lebih jauh Ugas menegaskan, di mana instruksi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut bahwa, kegiatan ini harus diselenggarakan untuk menyelesaikan di tingkat masyarakat, di tingkat puskesmas. Oleh karena itu, kami dari tingkat kecamatan yang terdiri dari tiga Puskesmas sepakat untuk menyelenggarakan kegiatan senam Germas ini.

“Senam gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat Garut sekarang diikuti peserta dari tiga (3)kelurahan yaitu,kelurahan Ciwalen,Regol,dan Kota kulon yang sebelumnya diseleksi dulu di tingkat Puskesmas dari masing-masing Kelurahan mewakili 11 Kelurahan,hal itu untuk meminimalisir daripada kerumunan maka, kita ambil dari 1 Puskesmas satu tim”

Ugas menambahkan, untuk mengikuti sekarang ini sebelumnya ada seleksi dulu di tingkat Puskesmas yang diajukan disini untuk tingkat kecamatan yaitu, juara juara 1 di tingkat Puskesmas.

Harapan kami dari kegiatan ini, karena kita melihat dari berbagai penyebab penyakit yang sedang mengobati kita. Terutama untuk pencegahan itu lebih baik dan lebih optimal jika dilakukan secara bersama-sama oleh masyarakat salah satunya adalah gerakan masyarakat sehat melalui senam. Sehingga terjadilah nanti kekebalan atau kesadaran masyarakat untuk menjaga dirinya masing-masing”.terang Ugas

Ditanya mengenai pencapaian vaksinasi diwilaya Garut kota,Ugas menjelaskan, kalau di Puskesmas Siliwangi itu sudah mencapai 68% yang kemarin kita kabupaten di bawah ya. Kita aturan di tingkat RW wilayah kota ini hampir semua tingkatan itu sudah di atas 60%”pungkasnya.

Redaksi@03

Terimakasih telah membaca Mediasakti.id

Dapatkan Informasi, Inspiratif dan Insight di e-mail kamu

Daftarkan e-mail.

Artikulli paraprakUu Ruzhanul: Ikatan Remaja Masjid Jangan Tukcing
Artikulli tjetërKapolres Subang Hadiri Undangan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Program Vaksinasi untuk Lansia di Masjid Al Kautsar

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.