Beranda Nasional Nusantara Kualitas Betonisasi Dinilai Buruk, Kabupaten Brebes Penting Untuk Mengkaji Kembali DPU

Kualitas Betonisasi Dinilai Buruk, Kabupaten Brebes Penting Untuk Mengkaji Kembali DPU

106
0

Brebes, MediaSakti.id. – Betonisasi jalan milik Kabupaten yang merupakan akses utama warga Desa Cinanas Kecamatan Bantar Kawung, di Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes, kondisinya memprihatinkan. Pasalnya, baru hitungan hari sudah terlihat retak-retak. Hal itu, tentunya mendapat sorotan dari berbagai kalangan warga. Sebab, kualitas betonisasi jalan yang dinilai buruk, dan diduga tidak sesuai spesifikasi.

Padahal, jika melihat dari sumber anggaran yang ada pada papan proyek yang terpampang oleh Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bantarkawung Kabupaten Brebes, senilai Rp.193.282.000,- dengan penyedia jasa CV.Delia Abadi, dan masa pengerjaan 60 hari kerja, terhitung sejak 4 April 2022, lalu.

“Tak sengaja melihat ada proyek jalan ini, kondisinya sudah mulai retak-retak, walau baru betonisasi sekita Sembilan hari lalu,” ujar April (25) warga Desa Cinanas, kepada wartawan, Selasa 12 April 2022.

Menurutnya, padahal sejak betonisasi berlangsung, jalan itu belum dilalui kendaraan apapu. Jalan ditutup sementara selama pengerjaan berlangsung, dan lalu lintas warga pun dialihkan ke jalan lain.

“Cuma baru hitungan hari saja terlihat hasil yang mengecewakan, kenapa ini sudah mulai retak-retak?,” tanya April yang curiga itu.

Senada, Budi (37) warga lainnya, menduga kuat pelaksanaan betonisasi jalan tidak sesuai dengan ketentuan. Ia mensinyalir, jika beton ready mix yang digunakan untuk betonisasi kualitasnya rendah.

“Sejumlah titik di ruas jalan tampak sudah mulai retak. Posisi retakan kelihatan memanjang,” tuturnya.

Anehnya lagi, kata dia, dalam papan proyek tidak tertera volume perbaikan jalannya, hanya ada, nama kegiatan, nominal anggaran dan masa pengerjaan saja. Bahkan, lerbaikan jalan tidak dilakukan secara menyeluruh. Padahal, kerusakan jalan tersebut, harus dilakukan perbaikan secara merata.

“Ini hanya sebagian saja yang diperbaiki, dan kenapa tidak semuanya. Padahal kalau menyeluruh kan enak warga yang menikmati hasil dari pembangunanya,” harapnya.

Kepala Desa Pruwatan, Rasiman menyarankan agar hal ini segera dikonfirmasikan terhadap pihak UPT Bantarkawung, selaku pemangku kewenangan proyek tersebut.

“Ya mas, sampaikan saja ke UPT DPU Bantarkawungnya,” singkat Rasiman dihubungi via wathsappnya.

Dilain pihak, Kepala UPT DPU Bumiayu, Andi yang mengetahui akan kondisi ini, tampak kaget. Iapun akan mencoba menyampaikan persoalan ini, terhadap kepala UPT DPU Bantarkawung selaku penanggungjawab program kegiatan ini.

“Terimakasih pak atas informasinya,” singkatnya. Setelah saya komunikasikan dengan DPU Bantarkawung, ada baiknya dikonfirmasikan langsung dengan yang bersangkutan,” singkatnya. (Jp/*)

Terima kasih telah membaca _MediaSakti.id._
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

_Daftarkan email_

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here