Home Regional Bandung Raya Pemerintah Kecamatan Cicalengka Gelar Rembug Stunting untuk Mempercepat Penurunan Angka Stunting Tahun...

Pemerintah Kecamatan Cicalengka Gelar Rembug Stunting untuk Mempercepat Penurunan Angka Stunting Tahun 2023

50
0

Kab Bandung, Media Sakti.id ,- Demi untuk mempercepat upaya penurunan angka stunting di tingkat kecamatan cicalengka secara terintegrasi, Pemerintah Kecamatan Cicalengka bersama UPT Dinas Kesehatan Cicalengka menggelar kegiatan ” Rembug Stunting ” yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Cicalengka, Senin ( 25/09/2023).

Semua Peserta Rembug Stunting ini yang dihadiri di antaranya dari Camat Cicalengka, Kapolsek Cicalengka, Danramil Cicalengka, unsur Kecamatan, Kepala Desa, Kepala UPT Dinkes, Kepala Puskesmas, TP PKK, Pendamping desa/PKH, dan undangan lainnya.

Camat Cicalengka, Cucu Hidayat, mengatakan siap untuk mendukung program program pemerintah terkait percepatan penurunan stunting di Kecamatan Cicalengka, yang salah satunya untuk menyelenggarakan kegiatan ‘Rembug Stunting’ ini.

Dengan kesepakatan bersama, untuk percepatan penurunan Stunting di kecamatan cicalengka, Senin (25/09/2023).

Dalam kegiatan Rembug Stunting ini sesuai dengan aturan dalam Perpres Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penurunan stunting, mengamanatkan agar Pemerintah supaya bisa melaksanakan Rembug Stunting.

Beliau menjelaskan, Rembuk Stunting tingkat Kecamatan Cicalengka ini merupakan langkah penting yang dilakukan untuk memastikan dan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi untuk pencegahan dan untuk mempercepat penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama antara Pemerintah Desa dengan semua stakeholder di wilayah Kecamatan Cicalengka.

Sementara itu, Rina Marlina kasie Pemberdayaan masyarakat Kecamatan Cicalengka, menjelaskan Rembug Stunting tingkat kecamatan merupakan salah satu strategi peningkatan komitmen dan visi kepemimpinan di tingkat wilayah Kecamatan Cicalengka.

Dengan tujuan, untuk menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting di tingkat kecamatan secara terintegrasi. Kemudian mendeklarasikan komitmen pemerintah kecamatan dan desa untuk menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting, ” tandasnya.

Hasil kegiatan Rembug Stunting ini akan menjadi dasar gerakan penurunan stunting melalui integrasi program yang dilakukan oleh lintas sektor dengan melibatkan partisipasi masyarakat, ujar kata, Kasie Pemberdayaan.

Selanjut nya, Rina Marlina kasie pemberdayaan menerangkan desa dijadikan sebagai lokus stunting dan secara bertahap akan dilaksanakan di semua desa se-Kecamatan Cicalengka.

Dan Melalui kegiatan Rembug Stunting tingkat kecamatan ini, penurunan stunting bisa dilaksanakan di semua desa, sehingga ke depan nya akan lebih mempercepat penurunan angka stunting di wilayah Kecamatan Cicalengka, ” pungkasnya.

Diakhir acara Rambung stunting tersebut telah dilakukan tanda tangan komitmen kesepakatan bersama tentang pencegahan dan percepatan penurunan stunting di Kecamatan Cicalengka tahun 2023, oleh unsur Forkopimcam Cicalengka, Kepala Desa, Kepala UPT Dinkes Cicalengka, Kepala Puskesmas Cicalengka, dan TPk pkk Kecamatan Cicalengka Penurunan Stunting Rembug Stunting

Asep m.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here