Home Regional Bandung Raya Pemdes Hegarmanah Gelar Seminar Usaha Mikro Masyarakat Desa

Pemdes Hegarmanah Gelar Seminar Usaha Mikro Masyarakat Desa

400
0

Kabupaten Bandung, Mediasakti.id,- , Pemerintahan Desa Hegarmanah adakan kegiatan Seminar peningkatan usaha, agar masyarakat desa bisa hidup sejahtera dengan cara meningkatkan usahanya.

Kepala Desa Hegarmanah, Dedi Suryana dalam sambutannya menyampaikan,”Puji sukur, Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul dalam acara seminar peningkatan usaha dengan Nara sumber H.Ayi Sulaeman.

Saya sebagai kepala desa sangat berharap dengan adanya seminar ini, masyarakat desa hegarmanah mampu meningkatkan usaha nya,” sambut pa Kades Dedi S.

Adapun tema yang diangkat dalam seminar oleh narasumber H. Ayi Sulaeman adalah, ” Peningkatan Usaha Mikro”.

Ia menyampaikan, tidak ada pengusaha yang langsung sukses semua pasti melalui proses, contohnya saya sebelum menjadi seperti sekarang ini, saya juga memulai usaha menjadi sopir angkot,”

Namun dengan wejangan dari paman sopir angkot tersebut saya anggap sebagi batu loncatan untuk bisa menjadi pengusaha dan tidak mudah juga untuk menjadi seperti ini karna saya juga pernah beberapa kali mengalami kebangkrutan sampai tempat tinggal pun ngontrak,” jelasnya

Dikemukakannya,”Sebelum kita memulai usaha, kita harus mengenal dulu jenis usaha apa yang akan kita jalani, lalu bagai mana cara kita dalam memasarkan dan kita juga harus bisa memarket prodak kita sebagus mungkin.

Saya melihat di wilayah hegarmanah banyak pohon bambu jika kita menjual satu pohon batang bambu paling sekita sepuluh ribu, namun kalo kita olah menjadi tusuk sate atou prodak lain nya itu akan meng’hasikan lebih dari sepuluh ribu,” paparnya.

Dalam sesi tanda jawab Ketua BUMDES Desa Hegarmanah menanyakan bagai mana cara membuat usaha tanpa modal?.

H.Ayi Sulaman dalam paparannya menyampaikan, “Contoh anda tidak punya modal namun ada orang yang memesan jeruk kepada anda 10 kg lalu anda mendatangi penjual jeruk dan anda mengambil dulu dan besok nya anda pun mendapatkan lagi pesanan 50 kg,

Hasil dari penjualan anda setor kepada yang punya barang tentunyai punya nilai lebih, nah dari hasil keuntungan menjual tersebut anda harus bisa menyisihkannya untuk disimpan supaya bisa memulai usaha lain dan usaha anda pun semakin berkembang,” urainya.

Jurnalis:Ajat Sudrajat / Korwil Bandung Raya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here